4 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan

0
61
bisnis ibu rumah tangga

Penanggung jawab utama dalam ekonomi keluarga sebetulnya adalah seorang pria yang merangkap status sebagai suami, ayah dan kepala rumah tangga. Sudah sepatutnya para pria memiliki kewajiban dalam memberikan nafkah kepada keluarga. Meski begitu, bagi para wanita yang ingin juga fokus di karir meski sudah memiliki keluarga dan anak pun tidak ada masalah. Terbukti kini banyak wanita yang bisa menduduki posisi penting dalam suatu perusahaan atau lembaga. Bagi para Ibu rumah tangga, Anda pun bisa melakukan bisnis Ibu rumah tangga yang mampu menghasilkan uang tambahan.

Dapat diakui jika Ibu rumah tangga memiliki tugas yang juga tak kalah beratnya dengan mengurus suami beserta anak dan juga semua urusan rumah. Tetapi banyak juga wanita yang berharap untuk bisa tetap menghasilkan kepuasan sendiri. Tak melulu karena alasan suami tidak mencukupi nafkah, namun mampu menghasilkan uang sendiri seolah bisa menjadi kebanggaan. Tetapi ada baiknya para Ibu rumah tangga juga memikirkan urusan rumah sehingga jika memungkinkan bisnis tersebut adalah yang bisa dilakukan dari rumah.

Bisnis apa saja yang bisa dilakukan di rumah? Berikut ini beberapa ide bisnis Ibu rumah tangga yang bisa Anda coba:

  1. Bisnis MLM

Bisnis MLM memang seringkali dipandang sebelah mata karena beberapa perusahaan abal-abal yang kerapkali menipu dengan money game. Padahal bisnis MLM sesungguhnya juga sebetulnya ada dan banyak mencari kandidat lain. Jika Anda merupakan seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan jaringan besar, maka bisnis MLM akan sangat cocok untuk Anda lakukan. Banyak produk kecantikan yang kini sudah menerapkan sistem ini sebagai marketingnya.

  1. Bisnis kuliner

Para Ibu pasti sangat dekat dengan aktivitas memasak. Jika Anda adalah seorang wanita yang punya passion dalam bidang memasak, maka alangkah baiknya jika bisa terjun ke bisnis kuliner. Tak perlu memiliki kios atau ruko, Anda bisa menjalankannya secara kecil-kecilan dulu di rumah sebelum nantinya berkembang. Anda bisa menawarkan paket katering murah atau pesanan kue-kue. Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk menitipkannya ke warung sekitaran makanan yang Anda buat.

  1. Bisnis kerajinan tangan

Para wanita biasanya sangat suka dengan berbagai macam hiasan dan pernak-pernik. Selain itu, mereka juga suka dengan hal-hal yang detil dan rumit seperti membuat berbagai kerajinan tangan sehingga jika Anda memiliki kemampuan ini maka bisa mencoba untuk terjun di dunia kerajinan tangan. Anda bisa membuat apa saja misalnya mengolah barang sampah menjadi kerajinan yang bernilai seni atau lain sebagainya. Anda bisa menjualnya di dekat tempat wisata atau secara online sehingga bisa memperluas pasaran.

  1. Kerja online

Jika Anda memiliki kemampuan yang bisa dijual di dunia online, maka Anda juga bisa bekerja secara online. Banyak sekali profesi yang tersedia di dunia maya mulai dari penulis artikel, menyediakan layanan SEO, graphic desainer dan masih banyak lagi. Anda bisa terjun ke profesi yang Anda minati dan kuasai.

Itulah beberapa ide untuk Ibu rumah tangga yang juga ingin mendapatkan penghasilan sendiri. Mendapat penghasilan tambahan kini tidak melulu bisa dilakukan dengan meninggalkan anak dan menghabiskan waktu di kantor, namun juga bisa dilakukan dengan bekerja dari rumah dengan bisnis Ibu rumah tangga atau menjalankan profesi tertentu yang Anda suka. Jadi, jenis pekerjaan mana yang Anda pilih?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here