Keunggulan, Syarat, dan Ketentuan KPR Bank Syariah Mandiri

0
548
KPR Bank Syariah Mandiri

KPR Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu produk pembiayaan rumah dari Bank Mandiri Syariah yang memiliki beberapa keunggulan. Seperti yang kita tahu saat ini bahwasanya bank konvensional tengah berlomba-lomba menawarkan produk KPR, begitu juga dengan bank syariah, seolah tak mau kalah dengan menawarkan produk pembiayaan rumah yang serupa. Pada dasarnya, mengajukan KPR di bank syariah maupun bank konvensional sebenarnya sama saja mulai dari proses dokumentasi, agunan/jaminan hingga evaluasi pembiayaan. Sedangkan perbedaannya terletak pada akad awal serta tingkat suku bunga.

Suku bunga atau margin keuntungan yang cenderung lebih rendah membuat KPR Syariah Mandiri semakin banyak peminatnya, terutama dari kalangan umat Muslim. Sesuai dengan namanya, KPR Syariah Mandiri menggunakan akad kredit yang sesuai dengan hukum Islam. Dalam KPR Syariah Mandiri ini menggunakan akad murabahah yang disepakati oleh kedua belah pihak. Baik dari pihak nasabah maupun dari Bank Syariah Mandiri. Cicilan KPR didapat dari hasil penjumlahan harga jual rumah ditambah dengan margin yang ditetapkan oleh pihak bank. Ada beberapa keunggulan KPR Syariah Mandiri dibandingkan dengan KPR dari bank konvensional, di antaranya:

  • Besaran suku bunga yang ditetapkan tetap, tidak fluktuatif seperti bank konvensional sehingga besaran cicilan juga jadi tetap mulai dari awal pembayaran hingga akhir pelunasan.
  • Jangka waktu/tenor KPR terdiri dari 3 macam: jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
  • Jangka waktu terlama (maksimal) 15 tahun sehingga tidak memberatkan nasabah.
  • Dapat meng-cover pembiayaan properti baru maupun second.
  • Syarat serta proses pengajuannya cepat dan mudah.
  • Plafon atau limit KPR fleksibel sampai 5 milyar.
  • Sistem angsuran bisa dengan auto-debet melalui rekening nasabah.

Dengan keunggulan-keunggulan dari KPR Bank Syariah Mandiri tersebut, nasabah diharapkan lebih mudah untuk mewujudkan impian mereka untuk menempati rumah yang mereka idam-idamkan. Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa sajakah syarat dan ketentuan untuk dapat mengajukan KPR Mandiri Syariah. Jika Anda ingin segera mengajukan KPR Mandiri Syariah, segera pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan berikut:

  • Calon debitur KPR merupakan Warga Negara Indonesia yang berdomisili di wilayah Indonesia (dibuktikan kepemilikan KTP).
  • Usia pemohon minimal 21 tahun pada saat pengajuan dan maksimal 55 tahun pada saat masa pelunasan KPR berakhir.
  • Fotokopi Kartu Keluarga dan Surat Nikah (bagi pemohon yang sudah menikah).
  • Slip gaji (asli) dari perusahaan.
  • Besaran cicilan tidak boleh melebihi 40% dari penghasilan bersih bulanan.
  • Fotokopi rekening koran (rekening tabungan dalam 3 bulan terakhir).
  • Fotokopi rekening listrik dan telepon.
  • Fotokopi legalitas rumah yang hendak dibeli baik berupa Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) maupun SHM/SHGB.

Tabel KPR Bank Syariah Mandiri

KPR Bank Syariah Mandiri

Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, ada kelebihan lain dari KPR Mandiri Syariah yang tak kalah menarik. Bagi Anda yang hendak melunasi angsuran KPR sebelum jatuh tempo masa pelunasan, maka Anda tidak akan dikenakan biaya pinalti. Hal inilah yang juga membedakan KPR Mandiri Syariah dibandingkan KPR konvensional lainnya. Sehingga bagi nasabah yang sudah memiliki cukup uang untuk melunasi semua cicilan, tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk membayar angsuran.

Sedangkan persyaratan khusus yang harus Anda penuhi adalah menyertakan NPWP untuk pembiayaan KPR di atas 50 juta rupiah. Jika Anda merasa sudah semua persyaratan yang dibutuhkan, maka sekarang saat yang tepat untuk segera mengajukan permohonan KPR Bank Syariah Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri Syariah terdekat di wilayah Anda. Anda pun juga bisa mencoba untuk mengajukan take over KPR Mandiri Syariah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here