Tahapan yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Pinjam Uang 5 Juta

0
114
pinjam uang 5 juta
cara pinjam uang 5 juta

Tak peduli berapapun nilainya, pinjaman tetaplah hutang yang harus dibayar kembali. Baik itu ketika Anda pengajuan pinjaman ke pada saudara, teman atau bahkan ke bank. Sebagian banyak diantara masyarakat Indonesia, khususnya yang memiliki keuangan tingkat menengah ke bawah pastinya pernah mengalami masalah keuangan, hal ini mau tak mau pastinya akan menyebabkan Anda mengambil jalan pintas yaitu ambil pinjaman uang. Ada banyak lembaga yang bisa Anda tuju terkait dengan hal ini, apalagi jika nilainya tidak terlalu besar, misalnya saja pinjam uang 5 juta cepat.

Maka tak harus dengan datang ke bank atau lembaga finansial yang lainnya, cukup ke teman atau saudara dekat saja, dengan nilai atau nominal demikian, biasanya banyak diantaranya yang masih mau memberikan pinjaman tersebut, tanpa imbalan suku bunga atau yang lainnya. namun berbeda jika sudah datang ke bank atau instansi keuangan yang lainnya, sudah pati nilai pengembalian akan berlipat ganda dikarenakan suku bunganya. Sebagai debitur juga harus cerdas dalam hal ini jika tak ingin merasa dirugikan nantinya.

Pinjam uang 5 juta meskipun nilainya kecil juga tetap dengan beberapa tahapan yang harus dipertimbangkan, diantaranya adalah:

  1. Tujuan mengambil pinjaman tersebut,

setidaknya ada 2 jenis tujuan masyarakat meminjam uang, diantaranya adalah untuk kebutuhan konsumtif, kebutuhan ini diantaranya adalah untuk keperluan diri sendiri dan nantinya tak akan menghasilkan nilai apapun, contohnya adalah untuk makan, mencukupi kebutuhan hidup, melunasi hutang atau yang lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah untuk kebutuhan produktif, artinya uang tersebut akan diputar sehingga bisa menghasilkan income di masa yang akan datang, seperti untuk kebutuhan berbisnis.

  1. Sumber pengambilan pinjaman tersebut,

seperti halnya tujuan debitur mengambil pinjaman, maka pihak yang terkait dengan pemberi pinjaman juga memiliki tujuannya sendiri, diantaranya adalah untuk menghasilkan keuntungan, mereka yang seperti ini umumnya adalah lembaga-lembaga keuangan seperti bank, leasing atau lembaga finance sejenisnya, karena pasti ada suku bunga yang dikenakan. Namun berbeda ketika sumber pinjaman dari teman atau keluarga, karena pastinya tak akan dikenai dengan bunga.

  1. Karakteristik pinjaman yang akan diambil,

misalnya saja ada yang sifatnya adalah kredit, ia bisa dilunasi dengan cara pembayaran cicilan, setiap bulan sedikit demi sedikit maka Anda harus menyisihkan uang untuk membayar pinjaman tersebut. Namun ada beberapa yang harus dibayar secara langsung, biasanya hutang kepada teman atau saudara.

  1. Resiko dari pengambilan hutang tersebut,

jangan kira jika hutang tak akan memberikan resiko, resiko sangat banyak sekali, contohnya adalah ketika debitur mengambil produk pinjaman KMG atau kredit multiguna, ada jaminan yang harus diserahkan pada pihak bank, ketika tak bisa melunasinya maka jaminan tersebut akan dijual atau disita oleh bank. Begitu juga dengan resiko lain seperti halnya denda ketika telat membayar, juga suku bunga.

  1. Mengenali agunan yang digunakan,

jangan salah pinjaman ke instansi keuangan selalu menyertakan agunan meskipun tidak dalam bentuk harta benda, seperti diantaranya adalah jaminan pekerjaan Anda dan sejenisnya. Tanpa ada agunan jangan kira bisa mengajukan hutang secara mudah.

Sepele, namun sangat penting untuk mengenali tahapan-tahapan tersebut ketika Anda ingin mengambil sebuah pinjaman, bahkan untuk pinjam uang 5 juta sekalipun. Lebih banyak nilai yang dipinjam, maka semakin banyak pula faktor penting yang harus diperhatikan, sehingga debitur tak merasa dirugikan pada akhirnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here